Apakah Layanan Pelanggan

Apakah yang Dimaksud Layanan Pelanggan

Apakah yang Dimaksud Layanan Pelanggan – Apakah layanan pelanggan? Layanan pelanggan adalah interaksi langsung antara konsumen yang melakukan pembelian dan perwakilan perusahaan yang menjualnya. Sebagian besar penjual melihat interaksi langsung ini sebagai faktor penting dalam memastikan kepuasan pembeli dan mendorong bisnis yang berulang.

Baca Juga: Prinsip Layanan Pelanggan yang Baik

Bahkan hari ini, ketika banyak layanan pelanggan ditangani oleh sistem otomatis, opsi untuk berbicara dengan seorang manusia dipandang perlu bagi sebagian besar bisnis. Ini adalah aspek kunci dari memimpin pelayanan pelanggan.

Memahami Layanan Pelanggan

Di belakang layar di sebagian besar perusahaan adalah orang-orang yang tidak pernah bertemu atau menyapa orang-orang yang membeli produk mereka. Perwakilan layanan pelanggan adalah orang-orang yang memiliki kontak langsung dengan pembeli. Persepsi pembeli tentang perusahaan dan produk sebagian dibentuk oleh pengalaman mereka dalam berurusan dengan perwakilan layanan pelanggan.

Baca Juga: Keuntungan Pemasaran Online dari Internet

Bahasan Utama

Layanan pelanggan adalah interaksi antara pembeli atas suatu produk dan perusahaan yang menjualnya.

Layanan pelanggan yang baik sangat penting untuk kesuksesan bisnis, memastikan loyalitas pelanggan pada sebuah merek.

Baca Juga: Mengapa Layanan Pelanggan Penting 

Inovasi baru-baru ini berfokus pada mengotomatisasi sistem layanan pelanggan tetapi elemen manusia masih sangat diperlukan.

Karena alasan ini, banyak perusahaan bekerja keras untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan mereka.

Biaya Untuk Kepuasan Pelanggan

Selama beberapa dekade, bisnis di banyak industri telah berusaha mengurangi biaya personil dengan mengotomatiskan proses mereka semaksimal mungkin. Dalam layanan pelanggan, yang telah mengarahkan banyak perusahaan untuk mengimplementasikan sistem online dan melalui telepon yang menjawab sebanyak mungkin pertanyaan atau menyelesaikan masalah sebanyak yang mereka bisa tanpa kehadiran manusia.

Tetapi pada akhirnya, ada masalah layanan pelanggan di mana interaksi manusia sangat diperlukan dan menciptakan keunggulan kompetitif. Amazon adalah contoh perusahaan yang melakukan semua yang dapat dilakukannya untuk mengotomatisasi operasi yang luas dan kompleks.

Itu harus, mengingat bahwa Amazon mengirimkan lima miliar paket ke pintu pelanggan pada tahun 2018, dan itu hanya pembelian yang dilakukan oleh anggota terdaftar Amazon saja. Meskipun demikian, Amazon masih menawarkan layanan pelanggan 24 jam melalui telepon, selain layanan email dan live chat.

Baca Juga: 10 Cara Menjalankan Layanan Pelanggan yang Baik

Sebagian besar bisnis yang sukses menyadari pentingnya menyediakan layanan pelanggan yang baik. Interaksi yang sopan dan berempati oleh perwakilan layanan pelanggan yang terlatih dapat menjadi perbedaan antara kehilangan atau mempertahankan pelanggan.  Layanan pelanggan harus menjadi proses yang terkoordinasi bagi konsumen bila memungkinkan.

Dasar Layanan Pelanggan yang Baik

Pemilik usaha kecil yang sukses memahami perlunya layanan pelanggan yang baik secara naluriah. Bisnis yang lebih besar mempelajari subjek ini secara mendalam, dan mereka memiliki beberapa kesimpulan dasar tentang komponen-komponen utama:

Ketepatan waktu terhadap masalah yang diangkat oleh pelanggan sangat penting. Meminta pelanggan untuk mengantre atau menunggu terus beraksi sebelum dimulai.

Baca Juga: 16 Kemampuan Layanan Pelanggan yang Hebat

Layanan pelanggan harus menjadi proses mudah bagi konsumen. Jika pelanggan menelepon saluran bantuan, perwakilan harus sedapat mungkin memahami masalah hingga penyelesaiannya.

Jika seorang pelanggan harus ditransfer ke departemen lain, perwakilan yang bertanggung jawab harus menindaklanjuti dengan pelanggan untuk memastikan bahwa masalahnya telah terpecahkan.

Persyaratan Pekerjaan Layanan Pelanggan

Banyak yang diharapkan dari perwakilan layanan pelanggan. Namun bayaran untuk pekerjaan itu amat rendah. Gaji rata-rata pada tahun 2018 adalah sekitar $ 33.750, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja. Tanggungjawab pekerjaan:

Perwakilan layanan pelanggan harus dapat diakses, berpengetahuan luas, dan sopan. Mereka membutuhkan keterampilan mendengarkan yang sangat baik dan kemauan untuk berbicara melalui resolusi. Pelatihan dalam penyelesaian konflik dapat bermanfaat.

Keterampilan berbicara yang kuat adalah kemampuan yang penting. Untuk operator telepon, ini berarti berbicara dengan jelas dan perlahan sambil mempertahankan sikap tenang meskipun pelanggan marah.

Biro Statistik Tenaga Kerja memproyeksikan pertumbuhan pekerjaan perwakilan layanan pelanggan sebesar 5% antara 2016 dan 2026. Itu mendekati rata-rata untuk semua pekerjaan yang ada.

Tanggung Jawab Pengusaha

Manajemen yang buruk dapat merusak operasi layanan pelanggan apa pun. Beberapa tips penting bagi para manajer:

Pastikan perwakilan layanan pelanggan Anda mendapat informasi lengkap dan memiliki informasi terbaru serta produk dan kebijakan perusahaan.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh untuk Menguasai Disiplin

Secara berkala nilai pengalaman layanan pelanggan yang Anda berikan untuk memastikan bahwa itu merupakan aset penting bagi perusahaan.

Pertimbangkan untuk melakukan survei rutin untuk memberi pelanggan peluang untuk memberikan tanggapan tentang layanan yang mereka terima dan menyarankan tentang hal yang perlu ditingkatkan.

Menggunakan Layanan Mobile Secara Efektif

Dalam beberapa tahun terakhir, studi layanan pelanggan berpusat pada menciptakan pengalaman online yang sempurna. Faktor pertama dan paling sulit adalah banyaknya saluran yang ada. Pelanggan saat ini berharap mendapatkan layanan melalui aplikasi atau perangkat apa pun yang kebetulan mereka gunakan saat ini.

Baca Juga: 4 Jenis Customer Service & Cara Menggunakannya

Itu bisa berupa perangkat seluler atau laptop, situs media sosial, aplikasi teks, atau live chat. Sekali lagi, fokusnya adalah pada pengemasan konten cara dan sumber daya terkait yang dirancang untuk swalayan. Analitik data yang semakin canggih juga digunakan untuk mengidentifikasi pelanggan yang tidak puas atau kurang terlibat. Tetapi, seperti biasa, aplikasi layanan pelanggan yang paling efektif perlu menggabungkan kontak manusia, jika hanya sebagai upaya terakhir.